Kamis, 31 Januari 2013

makalah kewirausahaan : sifat - sifat yang perlu dimiliki wirausaha



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat illahi rabbi yang dengan segala nikmatnya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw beserta keluarganya, sahabatnya, dan umatnya hingga akhir zaman.
Makalah yang berjudul “Sifat-Sifat yang Perlu Dimiliki Wirausaha” ini kami ajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan di program studi Ilmu kesehatan
Kami menyadari makalah ini jauh dari kesempurnaan dan memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Dan kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang dapat memperbaiki makalah ini.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami selaku penyusun makalah ini dan umumnya bagi yang berkepentingan terhadap makalah ini.

Gorontalo,17 0ktober 2012

                                                                                                                  Penyusun




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………….……..i
DAFTAR ISI ………….…………………………………………………………………ii
BAB 1 PENDAHULUAN ………………...……………………………………………..1
1.1  LATAR BELAKANG ………………………………………….......………………..3
1.2  RUMUSAN MASALAH …………………………………………………………….4
1.3  TUJUAN PENULISAN ……………………………………………………………..4
BAB 11PEMBAHASAN ………………………………………………………...………5
2.1 SIFAT – SIFAT YANG DIMILIKI WIRAUSAHA ………………………………5
2.2 SEMANGAT DAN KEPRIBADIAN YANG MEMACU SEORANG WIRAUSAHAWAN UNTUK BISA SUKSES ………………………………….....8
BAB III PENUTUP …………………………………………………………...………..10
3.1 KESIMPULAN …………………………………………………………………….10
3.2 SARAN …………………………………………………………………….………..10
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Istilah wirausaha/wiraswasta/enterpreuneurship merupakan istilah yang relatif  baru. Istilah ini pada awalnya diperkenalkan oleh Schumpeter yang melihat bahwa keseluruhan proses dari perubahan ekonomi tergantung pada orang yang membuatnya terjadi.
Geoffrey G. Meredith (2004:50) dalam bukunya yang berjudul “Kewirausahaan Teori dan Praktek” yang dialih bahasa oleh Andre Asparsayogi, mengemukakan bahwa : “Para wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses”.
Berdasarkan definisi diatas, wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan secara intuisi dalam melihat dan mengelola setiap peluang yang ada, yaitu kesempatan usaha yang dimanfaatkannya untuk meraih keuntungan menuju kesuksesan.
Kewirausahaan juga merupakan suatu kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian menanggung risiko. Hal inilah yang menarik perhatian kami, sehingga pada pembuatan makalah ini kami mengambil judul “Sifat-sifat Yang Perlu Dimiliki Wirausaha

1.2  RUMUSAN MASALAH
1. Sifat-sifat apa sajakah yang harus di miliki seorang wirausaha?
2.Bagaimanakah semangat dan kepribadian seorang wirausahawan yang memacunya untuk bias menjadi sukses?
1.3 TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan tujuan penulisan makalah kewirausahaan di atas maka kami dapat merumuskan manfaat penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
*      Bagi Mahasiswa
Penulisan makalah ini dapat membantu mahasiswa di dalam memahami kewirausahaaan dan dapat mengetahui konsep /proses/cara mengimplementasikan dalam praktik bisnis yang beretika.
*      Bagi Dosen
Penulisan makalah ini dapat membantu dosen dalam proses belajar mengajar mengenai kewirausahaan sehingga memudahkan mahasiswanya untuk memahami apa yang telah dijelaskan dosen.






 



BAB II

PEMBAHASAN


2.1  SIFAT-SIFAT YANG DI MILIKI WIRAUSAHA
sifat –sifat yang harus dimiliki dalam berwirausaha pada prinsipnya adalah sifat atau dasar atau watak manusia sesuai dengan Fitrah manusia sendiri, yakni :
v  Percaya Diri
Karakteristik kematangan seseorang adalah ia tidak tergantung pada orang lain, dia memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi, obyektif dan kritis.Dia tidak begitu saja menyerap pendapat atau opini orang lain, tetapi ia mempertimbangkan secara kritis. Emosionalnya boleh dikatakan sudah stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam. Juga tingkat sosialnya tinggi, mau menolong orng lain, dan yang paling tinggi ialah kedekatannya dengan khaliq sang pencipta, Allah SWT. Diharapkan wirausahawan seperti ini betul-betul dapat menjalankan usahanya secara mandiri, jujur, dan disenangi oleh semua relasinya.
v   Berorientasi pada Tugas dan Hasil
Orang ini tidak mengutamakan prestise dulu, prestaasi kemudian. Akan tetapi, ia
gandrung pad prestasi baru kemudian setelah berhasil prestisenya akan naik. Anak muda yang selalu memikirkan prestise lebih dulu dan prestasi kemudian, tidak akan mengalami kemajuan. Berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise. Kita akan mampu bekerja keras, enerjik, tanpa malu dilihat teman, asal yang kita kerjakan itu pekerjaan halal.
v  Pengambilan resiko
Dalam wirausaha penuh dengan tantangan dan resiko, seperti persaingan, harga turun naik, barang tidak laku dan sebagainya. Namun semua tantangan ini harus dihadapi dengan penuh perhitungan. Jika perhitungan sudah matang, membuat pertimbangan dari segala macam segi, maka berjalanlah terus dengan tidak lupa berlindung kepada-Nya.
v  Kepemimpinan
Kepemimpinan memang ada dalm diri masing-masing individu. Namun sekarang ini, sifat kepemimipinan sudah banyak dipelajari dan dilatih. Ini tergantung kepada masing-masing individu dalam menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang ia pimpin. Pemimpin yang baik harus mau menerima kritik dari bawahan, ia harus bersifat responsif.
v  Keorisinilan
Orisinil ini tentu tidak selalu ada pada diri seseorang. Yang dimaksud orisinil disini ialah ia tidak hanya mengekor pada orang lain, tetapi memiliki pendapat sendiri, ada ide yang orisinil, ada kemampuan untuk melaksanakan sesuatu. Bobot kreativitas orisinil suatu produk akan tampak sejauh manakah ia berbeda dari apa yang sudah ada sebelumnya. Keorisinilan seorang wirausaha menuntut adanya kreativitas dalam pelaksanaan tugasnya. kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru. Bagi kalangan wirausaha, tingkat kreativitas ini akan sanngat menunjang kemajuan bisnisnya
v  Berorientasi ke masa Depan
Seorang wirausaha haruslah perspektif, mempunyai visi ke depan, apa yang hendak ia lakukan, apa yang ingin ia capai? Sebab sebuah usaha bukan didirikan untuk sementara, tetapi untuk selamanya. Oleh sebab itu factor kuntinuitas harus dijaga dan pandangan harus ditujukan jauh ke depan, seorang wirausaha akan menyusun perencanaan dan strategi yang matang, agar jelas langkah-langkah yangakandilaksanakan.
v  Kreativitas
Sifat keorisinilan seorang wirausaha menuntut adanya kreativitas dalam pelaksanaan tugasnya. Jadi kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsure, data, variable yang sudah ada sebelumnya.
v  Sifat Jujur
Sifat jujur akan membawa kepercayaan kepada rekan usaha dan masyarakat sehingga proses dalam berwirausaha akan mudah mendapat dukungan dari berbagi pihak.sifat jujur juga akan membawa berkah bagi usaha berwirausaha karena sifat yang tidak jujur atau curang akan membawa kecelakaan ( Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang QS Al Muthaffifin ayat 1)
v  Sifat Amanah dan adil
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil ….. (QS.An Nisa 58).
v  Sifat Cerdas
Cerdas atau pintar atau tajam pemikiran. sifat ini sudah dimiliki pada semua orang walaupun kapasitasnya berbeda-beda dan sifat ini dapat dikembangkan atau ditingkatkan. Kecerdasan yang dikenal saat ini ada tiga yaitu cerdas emosional,intelektual,spiritual.
2.2  SEMANGAT DAN KEPRIBADIAN YANG MEMACU SEORANG WIRAUSAHAWAN UNTUK BISA SUKSES
v  Tidak mudah putus asa
Menjalankan usaha, bukan perkara mudah. Pasti banyak tantangan dalam menjalaninya. Contoh : membuka sebuah café. Kita sudah tahu ada berapa banyak café yang telah berdiri. Pastinya akan menemui persaingan yang sangat berat. Jika café kita sepi, bisa saja orang memutuskan berhenti. Tidak begitu dengan orang yang ingin sukses. Bila persaingan ketat, yang kita perlukan adalah sebuah pembaharuan, sesuatu yang membuat café kita berbeda agar bisa lebih diperhatikan oleh konsumen. Karenanya, semangat untuk tidak putus asa haruslah tetap dijaga.
v  Bekerja sama
Anda punya ide unik untuk sebuah usaha, dan anda tidak punya modal dalam bentuk uang yang cukup. Bila anda merupakan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan orang lain, uang bukan lagi persoalan bagi anda untuk memulai sebuah usaha. Anda bisa minta bantuan pada kerabat atau teman anda untuk membuka usaha tersebut.
v Jujur
Dalam bekerja sama, kejujura sungguh sangat penting. Bukan itu saja. Kejujuran merupakan aspek penting dalam kehidupan. Begitu juga dengan wirausaha. Bila anda tidak jujur. Saya berani jamin. Usaha anda tidak akan berlangsung lama. Oleh karena itu, junjunglah dengan tinggi sikap jujur itu.
v  Tidak cepat puas
Jangan menjadi orang yang cepat puas bila usaha anda sudah terbilang cukup sukses. Kita lihat sedikit pada beberapa perusahaan yang sudah sangat sukses. Apakah mereka berhenti begitu saja saat sudah sukses? Tidak, mereka selalu berusaha menemukan lagi hal-hal lain yang bisa membantu mengembangkan usaha mereka itu.
v  Jangan takut salah / gagal
Kegagalan merupakan sebuah pelajaran dan pengalaman dalam sebuah usaha. Bila anda takut gagal. Lebih baik anda tidak memulai sama sekali usaha itu. Begitu banyak pengusaha yang sukses saat ini, saat ditanyakan, mereka semua pasti pernah menemui kegagalan. Dan kegagalan itulah yang memicu kemajuan mereka saat ini. Kegagalan pasti pernah terjadi dalam hidup seseorang. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.






BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Seorang wirausahawan adalah seorang yang mampu melihat ke depan, berfikir dengan penuh perhitungan, mencari pilihan dari berbagai alternative masalah dan pemecahannya. Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh wirausahawan dalam memenuhi kebutuhan usahanya secara realistis. Sifat-sifat yang ada dimakalah adalah sifat dasar manusia yang harus dikembangkan dan selalu dipertahankan agar dalam berwirausaha mendapatkan kesuksesan dan keberkahan. “Akhirnya marilah kita merujuk ayat Al Qur’an :Artinya : Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS. Ar Ra’du ayat 11).”
3.2 SARAN
Demikian makalah ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat. Kritik dan saran demi kesempurnaan makalah sangat kami harapkan.




DAFTAR PUSTAKA
stitattaqwa.blogspot.com/2012/05/sifat-dan-kepribadian-wirausaha.html




                                                                                                        

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus